Sisi Lain Seorang Anak yang Sedang Belajar Mengabdi


Seperti biasa mengarungi subuh di Desa Sirih yang selalu ramai dengan jual beli di depan masjid besar. Malam tadi malam yang nyenyak untuk terus bermimpi karna terbukti aku bangun kesiangan dari yang telah direncanakan. Tapi tak apa karna pasar belum bubar. Aku dan belahan jiwa ku Siska yang selalu setia bergelut di dapur selama KKN siap berangkat setelah sholat subuh. Menggigil karna dingin dan takut gelap kami terima dengan lapang dada. Sebagian kecil pengalaman penunjang pengabdian yang berharga menurut ku.
Perut anak-anak tim 13 sudah full, artinya siap berangkat memulai perjalanan. Eitss ! sebelum itu kepala dan aparat desa menjadi pelabuhan pertama yang harus di singgahi untuk mencari tau tata letak instansi pemerintah desa. Satu tujuan utama, yaitu BP3K. Hasil diskusi bersama mereka menjadi bahan utama renungan kami.
Hari sudah mulai siang, seperti biasa dapur sudah rindu. Isi tenaga dulu biar kuat pikir ku dan tim. Setelahnya kami tak pernah bosan menjelajah, kali ini acil dekat rumah yang sedang stroke setia menemani cerita. Tidak sampai disitu, aparat desa juga ikut memeriahkan kegiatan silaturahmi kami ke empat rumah ketua RT, tapi sayang hanya RT 3 yang dapat ditemui karena yang lain sibuk bermesraan dengan sawit kata warga.
Keseruan hari ini belum berakhir. Malam Jum’at tiba maka artinya burdahan rutin akan dilaksanakan. Malam ini memang rezeki anak KKN karna dapat nasi kuning acara haulan setelah burdahan tadi, Ntap !. Tidak lama kami baru ingat bahwa ban sepeda motor Azhim partner setia Siska saat berkendara meledak tak bersuara. Sesegeranya diurus masalah itu, kami lagi lagi bertemu warga yang ramah mau membagi pengalaman berharga. Seperti biasa juga diskusi kelompok selalu dilakukan sebelum tidur malam, kali ini diskusi lebih panas karena beda pendapat, ya biasalah anak muda. Diakhirinya diskusi ini tanda waktu kerja telah habis. Semoga malam ini bisa tidur nyenyak.


Satu kebaikan yang aku sadari hari ini : Don’t be afraid if you are different

Prasangka positif harus terus tumbuh




Sirih, 13 Juli 2018
Juns bersama Tim 13 Boom!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Setengah Perjalanan